• Kontak Kami
  • Hotline : 082321040556
  • SMS : 082321040556
  • BBM : D9F7A156

Kontak Kami

( pcs) Checkout

Dapatkan Kemudahan Dalam Bertransaksi Di Toko Online Kami Via BBM atau SMS Langsung ke CS kami. Navigasi Produk Yang Memudahkan Konsumen Kami Untuk Memilih Produk Yang Sesuai. Proses Transaksi Pada Hari Yang Sama dan Pengiriman Pada Hari Yang Sama.
Beranda » Artikel Terbaru » Sejarah, Pengertian & Fungsi Sandal

Sejarah, Pengertian & Fungsi Sandal

Diposting pada 8 March 2017 oleh Abu Bakar Siddiq

model sandal pria

Model sandal yang sangat umum digunakan baik pada zaman dulu hingga sekarang adalah sandal dengan bentuk sandal jepit / sandal jepang dengan bahan karet maupun karet sintetis dengan bermacam warna. Tali sandal sendiri memiliki bentuk huruf V yang menghubungkan bagian depan sandal dan bagian belakang dari sandal tersebut. Pada awal penemuannya, model sandal pada bagian bawah tidak memiliki hak atau rata saja dan pada bagian atasnya tidak memiliki penutup.

 

Sandal merupakan salah satu jenis alas kaki yang sudah dikenal oleh manusia sejak zaman Mesir Kuno. Pada zaman dahulu, orang Jepang India, Yunani, Romawi Kuno sudah mengenakan sandal. Sandal jepit ini di Amerika Serikan disebut dengan beach sandal, flip flops atau thongs. Setalah usainya Perang Dunia II, prajurit AS pulang ke Negaranya dengan membawa buah tangan sandal japit yang berasal dari perang. Prajurit Jepang sendiri membuat sandal tersebut dengan menggunakan ban bekas.

 

Sejarah Sandal Di Indonesia

Sejarah dari penemuan sandal di Indonesia sendiri diperkirakan sudah sejak abad ke 7. Yakni sudah sejak zaman keemasan Kerajaan Tarumanegara. Penemuan sandal pertama di Indonesia ini dibuktikan dengan ditemukannya prasasti batu tulis dimana didalamnya terdapat tulisan serta telapak kaki Raja. Telapak kaki pada prasasti batu tulis tersebut sebenarnya adalah cetakan yang digunakan untuk membuat sandal Raja tersebut. Akan tetapi sangat disayangkan tidak ada keterangan lebih lanjut mengenai sandal apa yang dibuat pada saat itu. Akan tetapi cukup unik karena baik di Indonesia, Eropa maupun Cina, tidak ada satu orangpun yang mengaku sebagai pencipta dan penemu.

 

Pengertian Sandal

Sendal atau sandal merupakan salah satu jenis alas kaki dengan model terbuka dibagian tumit dan jari kaki penggunanya. Pada bagian sol atau alas sandal dihubungkan oleh sabuk atau tali yang memiliki fungsi sebagai penahan atau penjepit dibagian jari kaki, pergelangan kaki atau punggung kaki agar sandal nantinya tidak akan mudah terlepas dari kaki pemakainya. Sandal ini biasa dikenal dengan sebutan sandal japit atau sendal jepit. Sandal japit ini digunakan dengan cara menjepit bagian depan sandal dengan menggunakan jari jempol dan telunjuk kaki.

Sandal juga memiliki beberapa model, salah satunya yang sudah disebutkan di atas yakni sandal jepit. Model sandal lainnya adalah sandal selop, dimana sandal tersebut didesain dengan penutup pada bagian jemari serta punggung kaki, namun tetap terbuka pada bagian pergelangan kaki serta tumit pemakainya.

Sandal merupakan jenis alas kaki santai yang hampir digunakan oleh semua orang (pria maupun wanita) baik di dalam rumah maupun di luar rumah. Seiring perkembangan zaman kini sandal tidak hanya digunakan karena fungsi dan manfaatnya, namun juga menjadi sebuah fashion. Hal inilah yang membuat berbagai desain / model sandal terbaru mulai bermunculan. Bagi seseorang yang mengikuti fashion tentunya sandal juga menjadi bagian yang tidak dapat dilupakan untuk tetap selalu tampil update.

 

Fungsi Sandal

·         Melindungi Kaki

Fungsi utama sandal seperti yang sudah kita bahas diatas adalah untuk melindungi kaki kita dari berbagai benda yang membahayakan kaki seperti pecahan kaca, batu serta genangan air yang akan membuat kaki menjadi kotor. Fungsi ini akan menjaga kaki kita agar tetap aman, bersih dan terhindar dari rasa sakit ketika sedang berjalan terutama di luar rumah.

·         Sandal Sebagai Penunjang Penampilan

Saat ini sandal termasuk dalam jajaran barang-barang fashion atau penunjang penampilan, hal ini tidak lain karena sandal pada zaman sekarang memiliki banyak sekali model. Model sandal ini tidak hanya berkembang bagi pengguna perempuan saja, karena sekarang fashion pria juga semakin berkembang. Model sandal terbaru pria kini juga memiliki bentuk yang keren dan menarik. Hal ini membuat pemakaiannya menjadi lebih modis, fashionable dan tampak lebih bergaya. Sandal dengan model terbaru juga akan membuat pemakainya menjadi lebih percaya diri saat bepergian. Sehingga kini fungsi sandal juga semakin beragam, termasuk digunakan untuk menunjang penampilan.

Nah, demikianlah beberapa informasi mengenai sejarah atau perkembangan sandal yang mencakup pengertian, fungsi seta model sandal terbaru yang dapat membuat penampilan Anda akan terlihat lebih keren. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda.

Bagikan informasi tentang Sejarah, Pengertian & Fungsi Sandal kepada teman atau kerabat Anda.

Sejarah, Pengertian & Fungsi Sandal | Model sandal terbaru, sandal pria, sandal wanita, sandal kulit, sepatu, jual sepatu, sepatu online, sepatu kulit, sepatu wanita, sepatu kulit pria, sepatu pantofel

Belum ada komentar untuk Sejarah, Pengertian & Fungsi Sandal

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
OFF 35%
Rp 150.000 Rp 230.000
Ready Stock / DT002
SIDEBAR